10 Feb

Perbedaan Amdal dan Andal

Untuk dapat mengetahui perbedaan antara Amdal dan Andal, maka kita dapat merujuk pada Pasal 5 ayat 1 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan dan Pasal 4 Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 16 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup.

Dokumen Amdal atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup terdiri dari tiga bagian dokumen, yaitu :

  1. Kerangka Acuan atau biasanya disingkat dengan KA
  2. Andal atau Analisis Dampak Lingkungan Hidup
  3. RKL-RPL atau Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa Andal merupakan salah satu dokumen penyusun Amdal, Andal merupakan bagian dari Amdal itu sendiri yang memuat mengenai deskripsi rinci rona lingkungan hidup awal, prakiraan dampak penting dan evaluasi secara holistik terhadap dampak lingkungan.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai perbedaan Amdal dan Andal, mari kita merinci proses alur penyusunannya secara singkat. Penyusunan Amdal dimulai dengan menyusun Kerangka Acuan atau KA terlebih dahulu, kemudian Karangka Acuan yang telah disusun diajukan kepada Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota melalui Komisi Penilai Amdal sesuai dengan kewenangannya. Bila Kerangka Acuan mendapatkan persetujuan setelah melalui proses penilaian dari Komisi Penilai Amdal, maka Kerangka Acuan tersebut digunakan sebagai dasar dalam penyusunan Andal dan RKL-RPL. Selanjutnya, Andal dan RKL-RPL yang telah selesai disusun diajukan kepada Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota melalui Komisi Penilai Amdal sesuai dengan kewenangannya. Setelah itu Komisi Penilai Amdal mengeluarkan rekomendasi kelayakan lingkungan atau rekomendasi ketidaklayakan lingkungan kepada Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota.

Kesimpulan dari perbedaan Amdal dan Andal adalah bahwa Andal merupakan salah satu dokumen penyusun Amdal. Jika kita berbicara mengenai Amdal maka terdiri dari tiga dokumen, yaitu Kerangka Acuan, Andal dan RKL-RPL, Andal masuk ke dalamnya. Jika kita berbicara Andal, maka Andal adalah salah satu dokumen penyusun Amdal yang isi mengenai deskripsi rinci rona lingkungan hidup awal, prakiraan dampak penting dan evaluasi secara holistik terhadap dampak lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *